Desa Berpenduduk satu orang?

Posted by admin On Thursday, October 13, 2011 0 comments

Bisa gak kamu bayangkan kamu tinggal di sebuah desa hanya sendiri tanpa ada satu orang pun yang menemani?

Hampir tak bisa dibayangkan, dan kedengarannya mustahil. Tapi ternyata memang ada sebuah desa Bufford, Wyoming dekat Colorado Amerika Serikat, yang hanya memiliki satu penduduk bernama Don Sammons, 60 tahun, yang sudah terbiasa sendirian beberapa tahun belakangan ini. Desa itu hanya berpenduduk satu orang, ya dirinya sendiri.



Sejarah desa Buford
Dulunya desa unik ini berpenduduk sekitar 2000-an orang yang kebanyakan adalah pegawai kereta api. Seiring berjalannya waktu dan sektor bisnis kereta api yang semakin menurun, maka sejak pertengahan tahun 1990-an, seluruh penduduk di situ pindah ke berbagai tempat.

Mereka bermigrasi ke tempat lain untuk mencari penghidupan yang lebih baik karena merasa daerah ini tidak akan bisa berkembang. Akhirnya hanya tersisa Don Sammons yang masih bertahan.

Keluarga Sammons sebenarnya juga bukan penduduk asli, sebab memang dulunya adalah pendatang. Sammons pindah dari Los Angeles ke Buford sejak tahun 1980 bersama istri dan anaknya. Istrinya telah meninggal 15 tahun yang lalu, sedangkan anaknya yang sudah dewasa akhirnya pindah ke Colorado, tinggallah dia seorang diri di sana.

Daerah Buford sendiri memang berada di perbukitan di atas ketinggian 800 kaki seperti daerah gunung yang bersuhu rendah dan dingin. Di desa ini Sammons mengelola sendiri sebuah pom bensin kecil dan sebuah toko sederhana untuk melayani mereka yang mampir dalam perjalanan lintas negara bagian.

“Dalam sehari, toko saya bisa dikunjungi 1000 orang di musim panas, namun menurun hingga hanya 100 orang saja di musim dingin,” kata sammons yang mengklaim dirinya sebagai raja benteng kecil di Bufford.

Para pengunjung tertarik untuk singgah di tempat tinggal Sammons ini karena lokasinya yang berada di bagian atas pegunungan dan di pertengahan jalan lintas tersebut. Bentuknya rumah juga cukup unik, pondok kayu dengan tiga kamar tidur dan lokasinya hanya berkisar 200 meter untuk bolak-balik bekerja

"Mereka mampir karena tertarik melihat tempat ini yang terletak di tengah dekat puncak gunung," katanya. "Saya menjual segala macam souvenir dari topi sampai mug. Kartu pos juga menjadi barang jualan terbaik."

Setelah seharian (sekitar 10 jam-an) melayani orang-orang yang singgah, Sammons akan merasa senang beristirahat di pondokannya tempat dia mendapatkan kedamaian dan ketenangan.

Nama desa Bufford sendiri berasal dari nama seseorang yang pulang dari Perang bernama John Bufford dan membentuk desa ini pertama kali pada tahun 1866.

"Dulu daerah ini seperti sebuah wilayah antah berantah tapi kami menyukainya. Kami bisa menikmati lambatnya hidup, ada kuda, anjing dan kucing yang damai dan kami bisa membuat kehidupan yang layak dari pompa bensin dan toko swalayan kecil," cerita Sammons mengenang kepindahannya yang juga menghindari kebisingan kota Los Angeles.

sumber: http://forum.kompas.com/internasional/42562-aneh-desa-ini-penduduknya-hanya-satu-orang.html
Semoga artikel Desa Berpenduduk satu orang? bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment