Air liur bayi 1 tahun bisa berubah menjadi Kristal

Posted by admin On Tuesday, March 27, 2012 0 comments

Rafael, bayi 1-tahun dari kota Malang, mengejutkan warga di sana ketika ludahnya bisa berubah menjadi kristal.

Setiap bayi memang wajar memiliki air liur yang banyak (istilahnya ngiler), tapi lain dengan Rafael yang setiap kali mengeluarkan air liur, akan berubah berubah menjadi kristal.



Hariadi 38 tahun, dan Leni Marliani 35 tahun, kedua orang tua Rafa mengaku bingung dengan apa yang telah terjadi pada anak mereka. Sudah ada lebih dari 200 butir kristal yang telah dikumpulkan dari liur Rafael sejauh ini.

Leni sang ibu mengatakan pertama kali ia melihat air liur berubah menjadi kristal adalah pada tanggal 14 Februari 2012.


"Saat itu saya sedang menggendong Rafa. Saat melihat Rafa mengeluarkan liur, saya menilai biasa. Begitu air liurnya menggantung di bibirnya bagian bawah, saya baru kaget karena langsung mengeras seperti kristal," ceritanya.

Melihat kejadian tersebut, Leni mengambil liur yang sudah mengerasnya itu, lalu membuangnya. "Saya buang karena liur biasa. Namun beberapa jam kemudian, saya menemukan benda kristal itu tak jauh dari anak saya. Saya kembali membuangnya, khawatir ditelan Rafa," akunya, sembari memegang Rafa.

"Hari itu, liur yang keluar dari mulutnya cukup besar. Hanya butuh waktu beberapa detik saja, air liur itu langsung mengkristal. Bentuknya sama saat pertama kali saya menemukan liur yang sudah mengkristal saat mengantung di bibirnya," katanya.

Melihat ada keanehan yang menimpa anak pertamanya, Leni bersama suaminya mulai resah. "Saat itu, langsung saya bawa ke puskesmas, namun pihak puskesmas tak bisa memutuskan jenis penyakit apa. Hanya kondisi Rafa dinyatakan sehat," katanya.

Untuk dibawa ke rumah sakit di Malang, Leni mengaku masih belum ada biaya. "Saat itu saya sempat curiga anak saya diguna-guna orang. Saya bawa ke orang pintar, ke kiai, katanya tidak apa-apa. Kondisinya sehat-sehat saja," kata perempuan berdarah Banyuwangi itu.

Fenomena ini menarik perhatian banyak kalangan, termasuk pihak Jurusan Biologi Fakultas Matematika, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur yang tertarik menelitinya.

Kristal-kristal sedang diteliti di laboratorium untuk mengetahui isi kandungannya, jadi masih belum ada kesimpulan apa isi yang ada di dalam kristal-kristal itu.

"Namun dari pengamatan sehari bersama Rafa itu, saya memperkirakan air liur itu ada kandungan pembentuk gigi dan tulang dengan dosis cukup besar di air liur Rafa itu. Untuk selanjutnya kita tunggu hasil penelitian di laboratorium itu," kata Ketua Jurusan Biologi FMIPA UB, Widodo SSi, MSi, PhD, yang mengaku tak bisa memastikan kapan selesainya.

kompas.com

Baca juga ini:
 - Nangis airmata jadi batu
- Bayi nangis airmata darah
- Bayi menyusu dari sapi
Semoga artikel Air liur bayi 1 tahun bisa berubah menjadi Kristal bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment