Hewan-Hewan Unik yang Jarang Di Temui

Posted by admin On Thursday, November 17, 2011 0 comments

Berikut adalah hewan-hewan mamalia unik yang sangat jarang bahkan mungkin belum kamu ketahui.

1. Douroucouli


Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Dikenal juga dengan monyet burung hantu karena mempunyai mata coklat yang besar. Hewan unik yang satu ini adalah satu-satunya monyet nocturnal (hewan yang mencari makan pada malam hari).

2. Lesser Grison


Hewan ini termasuk karnivora yang sangat jarang diketahui orang. Mereka hidup di Patagonia dan negara-negara Amerika selatan, dengan panjang tubuh sekitar 30 cm, dan bulu hitam dan abu-abu, mereka sedikit terlihat seperti berang-berang. Di Peru mereka dijinakkan dan dilatih seperti musang untuk memburu tikus.


3. Fossa


Fossa merupakan hewan terbesar dalam kelompook musang dengan panjang badan kurang lebih 1.5 m, dan juga karnivora terbesar dari daerah asalnya, Madagaskar. Mereka mempunyai kulit khusus berwarna coklat-jingga.


4. Hairy Saki


Monyet jenis ini hidup di lembah sungai Amazon dan kebanyakan tinggal di atas pohon. Karena bulu kepala mereka yang unik berbentuk seperti topi pendeta (monk's cowl), mereka juga biasa disebut monk saki. Monyet jenis ini sangat jarang terlihat di tangkap karena sifat mereka yang gampang panik. Mereka cepat panik dan akhirnya mati karena ketakutan kalau ditangkap.

5. Moon Rat


Berasal dari Asia tenggara, dikenal juga sebagai landak berbulu. Hewan unik yang satu ini mempunyai bulu yang berwarna coklat tua atau hitam terlihat kontras dengan wajah mereka yang berwarna putih. Dengan panjang tubuh sekitar 25 cm, dilengkapi hidungnya yang panjang dan bau, hewan ini termasuk insectivora terbesar.


6.  Argali


Merupakan domba liar besar yang pernah ada dengan tinggi hampir 120 cm, dilengkapi tanduk yang besar dan tergulung. Domba jenis ini berada di Asia tengah (Siberia, Mongolia, dan Tibet), mereka juga terancam punah karena sering diburu dan digunakan dalam ramuan pengobatan cina.


7. Aardwolf


Mamalia yang berasal dari Afrika yang bentuknya seperti hyena kecil. Disebut Aardwolf yang artinya 'earth wolf' karena mereka kebanyakan tinggal di liang tanah.


8. Soulslik Eropa


Soulslik adalah nama unik yang diberikan untuk tupai tanah Eropa dan Asia. Walaupun terlihat seperti tupai dan hewan pengerat pada umumnya, tetapi mereka adalah pemakan daging seperti burung-burung kecil atau tikus.

9. Pink Fairy Armadillo



Disebut dengan Armadilo peri, karena mereka mempunyai panjang 120 mm. Hidup di bawah tanah dan sangat jarang terlihat, dan mereka juga sangat susah ditangkap karena mereka sangat gesit dalam melarikan diri. Mereka juga punya kemampuan menggali diri mereka ke dalam tanah secara cepat dan bersembunyi dari serangan musuh.


10. North American Cacomistle



Cacomistle adalah hewan kecil dan pemalu yang berasal dari bagian utara Amerika Serikat. Mereka biasa disebut juga dengan tupai kucing atau kucing ekor-cincin karena ekor mereka yang panjang dan bergaris berbentuk seperti cincin. Kata Cacomstile berasal dari bahasa Nahuatl yang berarti half-cat atau half mountain lion.
Semoga artikel Hewan-Hewan Unik yang Jarang Di Temui bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment